Pendidikan lingkungan hidup memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keberlanjutan sumber daya alam. Di era globalisasi dan pembangunan yang pesat, sumber daya alam semakin terancam akibat eksploitasi dan pemanfaatan yang tidak berkelanjutan. Oleh karena itu, pendidikan lingkungan hidup dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian sumber daya alam dan cara melindunginya. Tujuan Pendidikan Lingkungan Hidup adalah menciptakan masyarakat yang memiliki kepedulian dan mau bekerja untuk memberikan solusi terhadap lingkungan hidup, mengubah perilaku individu menjadi perilaku yang ramah lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari hasil wawancara observasi dengan mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Negeri Medan. Teknik analisis data penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Copyrights © 2025