Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K)
Vol 5, No 1 (2024): J-P3K APRIL

Pengaruh Media Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Pada Siswa Tunagrahita Ringan di Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda

Bulan, Maria Della Fajar (Unknown)
Mawardah, Mutia (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

Hambatan kognitif pada siswa tunagrahita ringan salah satunya adalah kemampuan berhitung dan upaya meningkatannya dengan media congklak..  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media congklak terhadap peningkatan kemampuan  berhitung pada siswa tunagrahita ringan di Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-ekperimental dengan  onegroup  pretest-posttest design. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Desain ekperimental dengan  onegroup  pretest-posttest design. Pengambilan  sampel  menggunakan  purposive  sampling, dengan  jumlah  sampel  sebanyak  lima siswa tunagrahita ringan. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan alat ukur berupa soal matematika kemampuan  berhitung dengan cara penilaian  menggunakan  skala likert. Teknik   analisis   data   menggunakan   paired  sample-test  dengan   bantuan  program   SPSS    versi   23,00   for windows. Berdasarkan   analisa  data, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media congklak yang signifikan terhadap kemampuan behitung di Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-P3K

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Nursing Public Health Social Sciences

Description

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan manuskrip penelitian di bidang pendidikan, psikologi dan kesehatan. Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah untuk: 1) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki ...