JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 9, No 2 (2025): Mei

Pengembangan Media E-Book Infografis Materi Keragaman Budaya Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V

Sekarwati, Dewi (Unknown)
Widodo, Susilo Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Kurangnya media pembelajaran yang inovatif berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa dalam materi keragaman budaya Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media e-book infografis sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan mengacu pada delapan tahap model Borg and Gall. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan hasil pretest serta posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media e-book infografis yang dikembangkan menggunakan aplikasi Canva dan Heyzine memiliki tingkat kelayakan yang sangat baik, dengan persentase kelayakan 91,6% dari ahli media dan 84,4% dari ahli materi. Pengujian keefektifan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi 0,000 serta N-Gain sebesar 0,6979 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa media e-book infografis layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada materi keragaman budaya Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...