Kurangnya media pembelajaran yang inovatif berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa dalam materi keragaman budaya Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media e-book infografis sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan mengacu pada delapan tahap model Borg and Gall. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan hasil pretest serta posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media e-book infografis yang dikembangkan menggunakan aplikasi Canva dan Heyzine memiliki tingkat kelayakan yang sangat baik, dengan persentase kelayakan 91,6% dari ahli media dan 84,4% dari ahli materi. Pengujian keefektifan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi 0,000 serta N-Gain sebesar 0,6979 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa media e-book infografis layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada materi keragaman budaya Indonesia.
Copyrights © 2025