Abstrak : Kompetensi sosial emosional (KSE) dan disiplin belajar sangat penting untuk diterapkan di sekolah karena merupakan salah satu faktor dalam meningkatkan hasil belajar. KSE merupakan keyakinan individu terhadap kemampuan yang dimilikinya, sedangkan disiplin belajar mencerminkan kepribadian siswa dalam konsistensi dan keteraturan dalam proses belajar. Penelitian ini menganalisis hubungan antara KSE, disiplin belajar, dan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Gugus Pattimura Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 54 responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat diketahui bahwa hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai koefisien korelasi (r) = 0,778 dimana nilai tersebut dapat menjelaskan adanya hubungan positif yang signifikan, nilai r hitung yang berada pada rentang 0,61-0,80 menunjukkan adanya hubungan korelasi yang kuat dengan taraf substansial 5% diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dari hasil analisis uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara KSE dan disiplin belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Kabupaten Demak. Kata kunci : KSE, Disiplin Belajar, Hasil Belajar Abstrak: Kompetensi sosial emosional (KSE) dan disiplin belajar sangat penting untuk diterapkan di sekolah karena merupakan salah satu faktor dalam meningkatkan hasil belajar. KSE merupakan keyakinan individu terhadap kemampuannya sedangkan disiplin belajar mencerminkan kepribadian siswa dalam hal konsistensi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menganalisis hubungan antara KSE, disiplin belajar, dan hasil belajar pada siswa kelas IV di SDN Gugus Pattimura Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 54 responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat diketahui bahwa hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai koefisien korelasi (r) = 0,778 dimana nilai ini dapat menjelaskan adanya hubungan positif yang signifikan, nilai r hitung yang berada pada rentang 0,61-0,80 menunjukkan hubungan korelasi yang kuat dengan taraf substansial 5% memperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Dari hasil analisis uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara KSE dan disiplin belajar terhadap hasil belajar bahasa siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Kabupaten Demak. Kata Kunci: KSE, disiplin belajar, dan hasil belajar.
Copyrights © 2025