JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 9, No 2 (2025): Mei

Keefektifan Make a Match dan Flashcard untuk Perkembangan Psikomotorik dan Konsentrasi Menulis Permulaan

Saviola, Bunga (Unknown)
SB, Nugraheti Sismulyasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas model make a match dengan media flashcard pada kegiatan menulis permulaan di kelas 1 SD. Latar belakang masalah dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 61,5% siswa belum menguasai penggunaan huruf  dengan lengkap dan tanda baca, serta 42,3% belum tepat menggunakan huruf kapital. Menggunakan metode kuantitatif  eksperimen dengan desain quasi eksperimen, penelitian ini menerapkan   sampling purposive dan analisis t-test. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk   membuktikkan efektif tidaknya model pembelajaran make a match untuk mengembangkan motorik halus, melatih konsentrasi, dan meningkatkan   keterampilan menulis permulaan. Hasil menunjukkan model pembelajaran   tersebut memberikan pengaruh signifikan dalam kategori tinggi untuk  meningkatkan motorik halus dan konsentrasi siswa untuk keterampilan menulis permulaan. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...