JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 9, No 3 (2025): September

Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V SD

Rukayah, Rukayah (Unknown)
Nur, Muhammad Awal (Unknown)
Faqrasyia, Muqhni (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan strategi Directed Reading Thinking Activity terhadap kemampuan menulis narasi siswa. Jenis penelitian yaitu Pre-eksperimen dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebas adalah strategi Directed Reading Thinking Activity dan variabel terikat adalah kemampuan menulis narasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN 20 Totakka Kabupaten Soppeng berjumlah 125 siswa. Penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling dengan sampel siswa kelas V berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Analisis data menggunakan analisis statistik deksriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebelum menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity rata-rata pretest siswa 58,39 berada pada kategori sedang dan setelah menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity rata-rata posttest siswa meningkat menjadi 84,11 berada pada kategori sangat baik (2) terdapat pengaruh signifikan strategi Directed Reading Thinking Activity terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V SDN 20 Totakka Kabupaten Soppeng.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...