Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media audiovisual Wordwall interaktif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD. Menggunakan desain quasi-eksperimental dengan kelompok kontrol nonequivalent, sampel terdiri dari 40 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen V-C dan kelas kontrol V-A. Instrumen penelitian mencakup soal pretest-posttest dan kuesioner siswa. Hasil menunjukkan perbedaan rata-rata hasil belajar: kelas kontrol dari 53,3% (pretest) menjadi 60,5% (posttest) dengan selisih 7,2%, sedangkan kelas eksperimen meningkat dari 62,3% menjadi 86,5% dengan selisih 24,5%. Uji T menunjukkan nilai thitung 3,554 > ttabel 2,878 dan signifikansi 0,002 < 0,005, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, membuktikan adanya pengaruh signifikan dari media interaktif. Respon siswa terhadap media interaktif mendapat skor 92% dan dikategorikan sangat baik. Dengan demikian, media audiovisual Wordwall interaktif terbukti berpengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD.
Copyrights © 2025