JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 9, No 3 (2025): September

Pengaruh Media Interaktif Audiovisual Berbasis Wordwall terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V Sekolah Dasar

Firdaus, Virania Nabila (Unknown)
Rahmawati, Ery (Unknown)
Wibowo, Satrio (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media audiovisual Wordwall interaktif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD. Menggunakan desain quasi-eksperimental dengan kelompok kontrol nonequivalent, sampel terdiri dari 40 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen V-C dan kelas kontrol V-A. Instrumen penelitian mencakup soal pretest-posttest dan kuesioner siswa. Hasil menunjukkan perbedaan rata-rata hasil belajar: kelas kontrol dari 53,3% (pretest) menjadi 60,5% (posttest) dengan selisih 7,2%, sedangkan kelas eksperimen meningkat dari 62,3% menjadi 86,5% dengan selisih 24,5%. Uji T menunjukkan nilai thitung 3,554 > ttabel 2,878 dan signifikansi 0,002 < 0,005, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, membuktikan adanya pengaruh signifikan dari media interaktif. Respon siswa terhadap media interaktif mendapat skor 92% dan dikategorikan sangat baik. Dengan demikian, media audiovisual Wordwall interaktif terbukti berpengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...