Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran Game Edukasi Monopoli berbasis digital dalam pembelajaran matematika dan efektifitas penggunaan media untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa setelah melaksanakan pembelajaran. Jenis penelitian Research and Development (RnD) ini menerapkan model ADDIE, melalui 5 tahap yakni analyze, design, development, implementation, serta evaluate. Penelitian ini mengumpulkan data melalui validasi ahli media, ahli materi, pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidokare 3. Uji kelayakan dan efektifitas adalah teknik analisis data yang digunakan. Hasil validasi media mencapai 96% dalam kriteria sangat layak, serta validasi materi memperoleh 93,75% dalam kriteria sangat layak. Efektifitas melalui hasil belajar meningkat secara signifikan setelah menggunakan media Game Edukasi Monopoli. Peningkatan tersebut menghasilkan rata-rata nilai posttest sebesar 87,1 lebih tinggi dibanding pretest sebesar 50 dengan selisih 37,1 dan dinyatakan ada perbedaan signifikan dalam kategori baik. Hal tersebut membuktikan mengenai media Game Edukasi Monopoli sangat layak dan efektif digunakan sebagai alat pembelajaran serta mengalami peningkatan signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025