JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 9, No 3 (2025): September

Pengaruh Media Interaktif Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Materi Cerita Tentang Daerahku Kelas IV SD

Zamzam, Qonitah Fairuz (Unknown)
Sandra Dewi, Anggra Lita (Unknown)
Erdiana, Lita (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif berbasis video animasi terhadap hasil belajar siswa serta keaktifan siswa setelah menggunakan media interaktif berbasis video animasi siswa kelas IV SD pada mata pelajaran IPAS materi “Cerita Tentang Daerahku”. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain true eksperimen berupa pretest-posttest control group design, di mana satu kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen menggunakan media interaktif berbasis video animasi dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional berupa PowerPoint . Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar (pretest dan posttest) serta observasi keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 85,37%, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai rata-rata 66,25%. Selain itu, keaktifan belajar siswa juga menunju-kkan peningkatan yang signifikan, yaitu sebesar 82,81% pada kelas eksperimen dibandingkan dengan 64,74% pada kelas kontrol. Hasil uji-t independen menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (p-value < 0,05).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...