Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif berbasis video animasi terhadap hasil belajar siswa serta keaktifan siswa setelah menggunakan media interaktif berbasis video animasi siswa kelas IV SD pada mata pelajaran IPAS materi “Cerita Tentang Daerahku”. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain true eksperimen berupa pretest-posttest control group design, di mana satu kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen menggunakan media interaktif berbasis video animasi dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional berupa PowerPoint . Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar (pretest dan posttest) serta observasi keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 85,37%, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai rata-rata 66,25%. Selain itu, keaktifan belajar siswa juga menunju-kkan peningkatan yang signifikan, yaitu sebesar 82,81% pada kelas eksperimen dibandingkan dengan 64,74% pada kelas kontrol. Hasil uji-t independen menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (p-value < 0,05).
Copyrights © 2025