Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku peradaban air berbasis project based learning (PjBL) untuk menumbuhkan karakter tanggung jawab sosial untuk anak. Tanggung jawab sosial dipahami sebagai sikap tanggung jawab, berpartisipasi positif, proaktif terlibat, membantu orang, dan menjaga lingkungan sekitarnya. Metode yang digunakan adalah Research & Development tipe ADDIE. Untuk analisis kebutuhan dalam penelitian melibatkan 10 guru yang mempunyai sertifikat pendidik, expert judgement dilakukan oleh 10 validator ahli, serta untuk uji coba terbatas melibatkan delapan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) buku teks peradaban air berbasis PjBL untuk menumbuhkan karakter tanggung jawab sosial dikembangkan dengan langkah-langkah ADDIE, 2) buku memiliki kualitas yang masuk kriteria “Sangat baik” (3,76 yang dinilai dalam skala 1-4) serta tidak perlu revisi, 3) buku peradaban air berpengaruh signifikan terhadap karakter tanggung jawab sosial pada anak (p < 0,05) serta masuk efek besar (r = 0,964) dengan presentase pengaruh yang senilai 93%. Implementasi buku dengan efektivitas tinggi (N-Gain Score = 85,0038%).Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku ajar peradaban air berbasis project based learning (PjBL) untuk menumbuhkan karakter tanggung jawab sosial pada anak. Tanggung jawab sosial dipahami sebagai sikap bertanggung jawab, berpartisipasi positif, terlibat proaktif, menolong orang lain, dan menjaga lingkungan sekitar. Metode yang digunakan adalah Research & Development berjenis ADDIE. Untuk analisis kebutuhan pada penelitian melibatkan 10 orang guru yang telah memiliki sertifikat guru, expert judgement dilakukan oleh 10 orang validator ahli, dan untuk uji coba terbatas melibatkan delapan orang anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) buku ajar peradaban air berbasis PjBL untuk menumbuhkan karakter tanggung jawab sosial dikembangkan dengan langkah-langkah ADDIE, 2) buku memiliki kualitas yang termasuk dalam kriteria “Sangat baik” (nilai 3,76 yang dinilai dari skala 1-4) dan tidak perlu direvisi, 3) buku peradaban air memiliki pengaruh yang signifikan terhadap karakter tanggung jawab sosial pada anak ( p < 0,05) dan memiliki pengaruh yang besar ( r = 0,964) dengan presentase pengaruh senilai 93%. Penerapan buku dengan efektivitas tinggi ( N-Gain Score = 85,0038%).
Copyrights © 2025