JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 9, No 3 (2025): September

Pengaruh Model Project Based Learning Posling Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V SD

Muzdalipah, Arina (Unknown)
Dewi, Galuh Kartika (Unknown)
Nurhayati, Eni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning (PjBL) berbasis POSLING (poster lingkungan) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD Negeri Becirongengor. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya capaian belajar siswa yang berkaitan dengan kurang optimalnya penerapan model pembelajaran oleh guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi experiment. Sampel terdiri dari 44 siswa yang terbagi dalam dua kelompok: kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB sebagai kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 22 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pada kelompok eksperimen berubah dari 67,77 menjadi 85,54, sedangkan kelompok kontrol dari 67,54 menjadi 77,54. Uji t menghasilkan t_hitung sebesar 4,353 > t_tabel 1,671 dengan p-value 0,000 < 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Aktivitas siswa di kelas eksperimen juga menunjukkan capaian 84% dan tergolong kategori sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa PjBL berbasis POSLING berperan positif dalam hasil belajar dan keterlibatan siswa selama pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...