Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pengaruh Perceived Quality, Brand Image Terhadap Brand Loyalty Dimediasi Oleh Brand Trust Pada Produk Tas Lokal

Putri Ilma Nurannida (Unknown)
Elistia, Elistia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2025

Abstract

Produk tas di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan di tengah tingkat persaingan tas merek lokal. Oleh karena itu upaya dalam mempertahankan loyalitas merek tas lokal, maka diperlukan studi lebih lanjut. Studi ini bertujuan untuk menganalisis dampak perceived quality, brand image, dan brand trust terhadap brand loyalty baik secara langsung maupun tidak langsung yang di mediasi oleh brand trust, terhadap produk tas lokal di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kausalitas melalui teknik purposive sampling, dan memperoleh 190 orang responden yang telah membeli produk tas merek Jims Honey. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS). Temuan penelitian ini menunjukan bahwa perceived quality dan brand image berpengaruh untuk meningkatkan brand trust. Selanjutnya, brand loyalty dapat ditingkatkan oleh perceived quality dan brand trust, akan tetapi brand image belum mampu berdampak terhadap brand loyalty. Namun demikian brand trust mampu menjadi mediasi pengaruh antara brand image dan brand loyalty, akan tetapi tidak dengan mediasi brand trust terhadap hubungan perceived quality dan brand loyalty. Hasil penelitian ini menyarankan untuk pemasar produk tas lokal pentingnya meningkatkan nilai kualitas dari produk, citra merek, sehingga memperkuat kepercayaan dan kesetiaan terhadap tas merek Jims Honey.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...