Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Self Care Managemen Pada Pasien Jantung Di Poli Jantung Rsi Pati

Inayah, Anis (Unknown)
Abdullah, Akbar Amin (Unknown)
Ratna, Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2025

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan kesehatan merupakan upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain, baik individu, kelompok maupun masyarakat, sehingga melakukan apa yang diharapkan oleh pendidik. Dalam kesehatan, maka edukasi diberikan kepada klien atau keluarganya sehingga mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan kesehatannya. Penyakit jantung merupakan sindrom klinis yang bersifat kompleks dimana terjadi penurunan kemampuan memompa darah dari jantung untuk memenuhi kebutuhan oksigen di dalam tubuh. Tujuan edukasi yang diberikan oleh peneliti kepada klien gagal jantung adalah meningkatkan kemampuan klien mengambil keputusan yang terbaik bagi kesehatan sehingga klien dapat mencapai kesehatan yang diharapkan. Tujuan: Untuk mengetahui efektivitas pengaruh pemberian pendidikan kesehatan tentang self care managemen pada pasien jantung di poli jantung RSI Pati Metode: Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan PreExperimental design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan One Group Pretest-Posttest. Penelitian yang digunakan yaitu dengan uji non parametrik test dengan uji Wilcoxon untuk membandingkan subjek yang sama antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Hasil: Dengan menggunakan Uji Wilcoxon didapatkan bahwa ada pengaruh antara Pendidikan Kesehatan terhadap self care managemen pada pasien jantung dengan hasil uji statistic yang menggunakan Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai ρ value = 0.000 < α = 0.05 yang berarti hal ini menunjukkan bahwa Ha1 diterima. Jadi kesimpulan dari penelitan yaitu ada pengaruh pemberian pendidikan kesehatan self care managemen pada pasien jantung di poli jantung RSI Pati.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...