Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Efektivitas Abdominal Massage Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Haid Pada Remaja Putri Di MTS Muhammadiyah Kabila

Hiyola, Fidyawati Apriani (Unknown)
Liyanto, Indah Noor Cahyani (Unknown)
Sondakh, Levana (Unknown)
Mohamad, Zuriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2025

Abstract

Dismenorhoe atau nyeri haid adalah suatu kondisi yang terjadi ketika menstruasi, yang dapat mengganggu aktivitas dan membutuhkan penanganan ditandai dengan rasa sakit atau nyeri hebat pada perut atau pinggul. Data World Health Organization (WHO) tahun 2020, menyatakan bahwa 90% wanita mengalami nyeri haid dalam setiap siklus menstruasinya, dengan 10-16% merasakan keluhan nyeri haid berat. Penelitian ini bertujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas abdominal massage terhadap penurunan intensitas nyeri haid pada remaja di MTS Muhammadiyah Kabila. Penelitian ini menggunakan desain rancangan pre eksperimental, dengan pendekatan one group pretest-postest. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling de.ngan jumlah sampe.l 16 re.sponde.n. Pe.ngumpulan data me.nggunakan le.mbar observasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nyeri sebelum dilakukan abdominal massage menunjukkan responden dengan tingkat nyeri ringan berjumlah 6 orang (37,50%), dan skala sedang sebanyak 10 orang (62.50%). Dan hasil pengukuran tingkat nyeri sesudah dilakukan abdominal massage menunjukkan bahwa mayoritas responden mengalami nyeri ringan, yaitu sebanyak 15 orang (93.75%), dan nyeri sedang sebanyak 1 orang (6,25%). Berdasarkan hasil uji Wilcoxon didapatkan bahwa p-value 0.000<α (0,05). Ke.simpulan hasil pe.ne.litian ini me.nunjukkan ada adanya efektivitas massage abdominal terhadap penurunan intensitas nyeri haid pada remaja putri MTS Muhammadiyah Kabila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...