Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pengalaman Pendidik PAUD Dalam Menghadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dengan Menggunakan Metode Pendekatan Individual Learning Pada Anak Usia 4-6 Tahun di SPS PAUD Bungur 2 Jakarta

Syaroh, Munas (Unknown)
Yenita , Roza (Unknown)
Iskandar, Rhoma (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengalaman pendidik PAUD dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan menggunakan metode pendekatan Individual Learning pada anak usia 4–6 tahun di SPS PAUD Bungur 2 Jakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya jumlah anak dengan kebutuhan khusus di lembaga pendidikan usia dini, namun belum semua pendidik memiliki kesiapan dalam menghadapi perbedaan kebutuhan belajar anak. Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan pondasi penting dalam membentuk perkembangan anak, baik kognitif, afektif, maupun psikomotor. Namun, kehadiran ABK menuntut adanya pendekatan pembelajaran yang lebih adaptif, salah satunya melalui metode Individual Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari tiga pendidik dan tiga orang tua ABK. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi kelas, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik PAUD menghadapi tantangan besar dalam mendampingi ABK, seperti keterbatasan sarana prasarana, minimnya pelatihan guru, serta kurangnya keterlibatan orang tua. Namun, strategi Individual Learning terbukti membantu anak dalam meningkatkan kemandirian, interaksi sosial, serta motivasi belajar. Pendekatan ini diterapkan melalui asesmen kebutuhan individu, pengembangan rencana pembelajaran individual (RPI), dan penggunaan metode belajar yang fleksibel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan Individual Learning dapat menjadi strategi efektif dalam mendukung perkembangan ABK di PAUD. Penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan khusus, dukungan sarana prasarana dari lembaga pendidikan, serta keterlibatan aktif orang tua dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...