Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Kesehatan Haji Sumatera Utara Tahun Pembelajaran 2023-2024

Dalimunthe, Faqih Muara (Unknown)
Kusyani , Diah (Unknown)
Nurhayati, Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis teks cerpen oleh siswa kelas XI SMK Kesehatan Haji Sumatera Utara Tahun Pembelajaran 2023-2024. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Kesehatan Haji Sumatera Utara Tahun Pembelajaran 2023-2024 dengan sampel berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling (acak kelas). Dalam penelitian ini data berpikir kritis dikumpulkan dengan tes berpikir kritis berjumlah 25 soal dengan menguraikan jawaban sesuai dengan pertanyaan yang telah tersedia dan diberi skor 4 bila menguraikan jawaban sebanyak 4, diberi skor 3 bila menguraikan jawaban sebanyak 4, diberi skor 2 bila menguraikan jawaban sebanyak 2 dan diberi skor 0 untuk jawaban salah atau tidak menjawab dengan rentang nilai 0-100. Sedangkan data kemampuan menulis teks eksplanasi dikumpulkan dengan tes penugasan. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, kemampuan berpikir kritis tergolong ke dalam kategori baik ( Kedua, kemampuan menulis teks eksplanasi tergolong ke dalam kategori baik (. Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Besaran korelasinya (rxy=0,71) berada pada rentangan 0,60 - 0,799 dan tergolong ke dalam kategori kuat. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara berpikir kritis dengan kemampuan menulis teks eksplanasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...