Arsy
Vol. 9 No. 2 (2025): Arsy : Jurnal Studi Islam

Pendekatan Teknologis Dalam Pengembangan Kurikulum

Ramadan, Zukhrufa Akbar (Unknown)
Alim, Fauzan (Unknown)
Wanda Sari, Siti Ayu Nur (Unknown)
Maulana, Hamdu Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Pengembangan kurikulum merupakan proses dinamis yang menuntut adaptasi terhadap perkembangan zaman, terutama dalam era digital yang ditandai dengan pesatnya kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pendekatan teknologis diterapkan dalam proses pengembangan kurikulum, serta dampaknya terhadap efektivitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur, wawancara, dan dokumentasi di beberapa institusi pendidikan yang telah menerapkan teknologi dalam kurikulum mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan teknologis tidak hanya memperkuat perencanaan dan pelaksanaan kurikulum, tetapi juga meningkatkan partisipasi siswa, efisiensi pengelolaan kelas, serta ketersediaan bahan ajar yang interaktif dan adaptif. Penelitian ini merekomendasikan integrasi teknologi sebagai komponen utama dalam pengembangan kurikulum masa depan agar lebih responsif terhadap kebutuhan abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

arsy

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Arsy merupakan jurnal studi Islam yang memuat artikel mengenai kajian, telaah, penelitian, perkembangan pemikiran, atau hasil pertemuan ilmiah bidang pendidikan dan hukum Islam. p-ISSN: 2580-4286 e-ISSN: ...