Arsy
Vol. 9 No. 2 (2025): Arsy : Jurnal Studi Islam

Integrasi Pendidikan Islam Dan Sain Dalam Dunia Pasantern Di Era 4.0

Sukmana Huda, Vino (Unknown)
Kholifa, Azhar Kholifah (Unknown)
Pratama, Muhammad Rizqi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Era Revolusi Industri 4.0 menuntut dunia pendidikan, termasuk pesantren, untuk melakukan transformasi guna menghadapi tantangan global yang berbasis teknologi, informasi, dan kolaborasi multidisipliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya integrasi antara pendidikan Islam dan sains dalam sistem pendidikan pesantren, serta sejauh mana integrasi tersebut mampu membekali santri dengan kompetensi spiritual dan intelektual yang seimbang. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen pada beberapa pesantren yang telah menerapkan model integrasi kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren mulai merespon perkembangan era 4.0 dengan membuka program pendidikan formal berbasis sains dan teknologi, tanpa meninggalkan nilai-nilai keislaman yang menjadi identitas utama pesantren. Integrasi dilakukan melalui kurikulum terpadu, penguatan literasi digital, serta pembelajaran berbasis projek yang mengaitkan ajaran Islam dengan fenomena ilmiah kontemporer. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas guru, pengembangan infrastruktur digital, dan sinergi dengan lembaga pendidikan tinggi untuk mengoptimalkan peran pesantren sebagai pusat pendidikan Islam yang adaptif dan relevan di era modern.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

arsy

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Arsy merupakan jurnal studi Islam yang memuat artikel mengenai kajian, telaah, penelitian, perkembangan pemikiran, atau hasil pertemuan ilmiah bidang pendidikan dan hukum Islam. p-ISSN: 2580-4286 e-ISSN: ...