Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 8 No. 1 (2025)

Penanda dan Petanda dalam Buku Cerita Bergambar Ketika Rob Datang Karya Dwi Astutik

Khaerunnisa (Unknown)
Mutiarani (Unknown)
Faznur, Lutfi Syauki (Unknown)
Nuryani, Rina (Unknown)
Aini, Nur (Unknown)
Septiani, Zahara Cahya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Karya sastra merupakan ungkapan kreativitas berdasarkan fakta dan imajinasi yang ditulis berdasarkan cerminan kehidupan manusia setelah melalui proses pemikiran terhadap fenomena yang terjadi. Bahasa dalam sebuah karya sastra memiliki daya tarik masing-masing sesuai dengan pengarang dan ciri khasnya. Cerita anak dapat disajikan dalam bentuk buku cerita bergambar untuk menarik minat anak dalam membaca dan membantu pemahaman isi cerita. Selain sebagai hiburan dan kesenangan, anak-anak juga dapat belajar merefleksikan makna karya sastra. Oleh karena itu, menganalisis penanda dan petanda dalam cerita pendek sangat penting untuk memahami makna cerita. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis penanda dan petanda dalam buku cerita bergambar "Ketika Rob Datang". Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Ferdinand de Saussure. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang berfokus pada makna dan dijelaskan secara deskriptif. Dalam konteks buku cerita bergambar, konsep ini dapat diterapkan untuk menganalisis bagaimana gambar dan teks saling berinteraksi untuk menciptakan sebuah makna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

imajeri

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

IMAJERI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (E-ISSN: 2654-4199) is an open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is providing a platform for the researchers, academicians, ...