Jurnal Sosial dan Sains
Vol. 5 No. 9 (2025): Jurnal Sosial dan Sains

Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar

Kresnadi, Hery (Unknown)
Irasandi, Yusi (Unknown)
Rahmadayanti, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2025

Abstract

Ketidak tepatan dalam pemilihan media serta kurangnya penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran dapat berdampak pada hasil belajar siswa, hal ini dikarenakan pembelajaran yang dilaksanakan berpotensi kurang bermakna. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian iniĀ  adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas IV B SDN 17 Pontianak Kota. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Adapun langkah-langkah analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah sebagai berikut 1) menelaah data yang sudah terkumpul, 2) melakukan reduksi data, 3) melakukan analisis data. Berdasarkan analisis data penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil yaitu penggunaan media Wordwall dalam kegiatan pembelajaran dengan mengikuti langkah-langkah yang ada pada modul ajar ternyata mendapatkan respon yang sangat positif dari siswa, selain itu hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Implikasi penelitian ini mendukung penggunaan media interaktif berbasis game seperti Wordwall untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sosains

Publisher

Subject

Astronomy Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Physics

Description

Jurnal sosial dan sains (SOSAINS) is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social and science fields. The journal is published monthly by Green Publisher Indonesia. Jurnal sosial dan sains (SOSAINS) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall ...