Ketidak tepatan dalam pemilihan media serta kurangnya penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran dapat berdampak pada hasil belajar siswa, hal ini dikarenakan pembelajaran yang dilaksanakan berpotensi kurang bermakna. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian iniĀ adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas IV B SDN 17 Pontianak Kota. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Adapun langkah-langkah analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah sebagai berikut 1) menelaah data yang sudah terkumpul, 2) melakukan reduksi data, 3) melakukan analisis data. Berdasarkan analisis data penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil yaitu penggunaan media Wordwall dalam kegiatan pembelajaran dengan mengikuti langkah-langkah yang ada pada modul ajar ternyata mendapatkan respon yang sangat positif dari siswa, selain itu hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Implikasi penelitian ini mendukung penggunaan media interaktif berbasis game seperti Wordwall untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
Copyrights © 2025