Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana peran kesalehan orang tua terhadap kecerdasan emosional anak di Desa O’o Kecamatan Donggo Kabupaten Bima. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, sampling, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukan bahwa lingkungan keluarga mempunyai peran yang besar terhadap nilai-nilai kecerdasan emosional anak. Lingkungan keluarga yang baik akan menghasilkan anak yang baik, begitu pula sebaliknya lingkungan keluarga yang kurang baik hasilnya tidak akan baik. Dari pendidikan keluarga tersebut Seorang anak sudah saling menghargai satu sama lain. Dampak dari efektivitas pendidikan keluarga yang telah diberikan oleh orang tua berpengaruh positif dalam perubahan kecerdasan emosional anak, seperti hal nya perubahan sikap, tutur kata, perilaku yang baik serta saling menghargai satu sama lain. perubahan positif yang terjadi menunjukan dampak pendidikan keluarga. Salah satu yang menjadi faktor penghambat peran kesalehan orang tua yaitu kurangnya perhatian orang tua dikarenakan orang tua sibuk dengan urusannya masing-masing, gedget dan faktor lingkungan. Peran orang tua menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan dalam pengembangan emosi anak. Keadaan emosianal anak di Desa tersebut telah cukup baik dalam membina hubungan sosial, empati dan motivasi diri. Akan tetapi mereka belum dapat mengenali dan mengendalikan emosi diri dengan baik. Faktor pendukung dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak adalah wawasan dan pengalaman orang tua, dukungan anggota keluarga yang lain, dan lingkungan pendidikan bagi anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024