Journal of Chemistry Education and Integration
Vol 4, No 2 (2025): Journal of Chemistry Education and Integration

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY MATERI FAKTOR - FAKTOR MEMPENGARUHI PERGESERAN KESETIMBANGAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK FASE F SMA/MA

Azzahra, Ulfa (Unknown)
Guspatni, Guspatni (Unknown)
Yuhelman, Nofri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2025

Abstract

Kimia mempunyai karakteristik berupa konsep-konsepnya bersifat abstrak. Akibatnya, kesulitan dalam memahami konsep-konsep kimia sering dialami oleh peserta didik. Faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan kimia termasuk bagian dari materi dalam kimia yang memiliki potensi menimbulkan miskonsepsi. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan media pembelajaran Augmented Reality materi faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan kimia terhadap hasil belajar peserta didik kelas Xl fase F di MAN 1 Pasaman Barat. Metode quasi eksperimen menggunakan rancangan pretest-posttest non-equivalent group, dengan pemilihan kelas eksperimen dan kontrol melalui purposive sampling. Data primer dikumpulkan melalui hasil pretest dan posttest peserta didik menggunakan instrumen tes two-tier pilihan ganda berbasis HOTS. Data dianalisis dengan menerapkan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji-t. Hasil pretest mengindikasikan bahwa kemampuan awal kedua kelas setara, dengan rata-rata 40,67 (eksperimen) dan 39,52 (kontrol). Kelas eksperimen menunjukkan rata-rata nilai 78,52 setelah perlakuan, nilai ini lebih tinggi dari kelas kontrol yang hanya memperoleh 58,42. Pada taraf signifikansi 0,05, hasil uji Independent T-Test diperoleh thitung > ttabel, yang mengindikasikan penolakan terhadap H0. al ini membuktikan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan melalui penggunaan media Augmented Reality pada materi pergeseran kesetimbangan kimia di kelas XI Fase F MAN 1 Pasaman Barat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JCEI

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory ...