Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan tingkat efisiensi penerapan anggaran dan pelaksanaan penggunaan program pendidikan dan output yang dihasilkan sehingga anggaran yang digunakan maksimal dan tepat sesuai yang telah disepakati. Namun praktek lapangan yang terjadi penggunaan anggaran yang kita lihat banyak disalahgunakan oleh output dan oknum lembaga pendidikan yang menjadikan efektivitas program pelaksanaan pendidikan terjadi kekurangan anggaran dan perencanaan pendanaan kacau dan mengurangi tingkat keefktivitasnya. Metode penelitian yang digunakan pada artikel ini adalah studi kepustakaan (study library) dengan pendekatan analisis deskriptif, yang mengumpulkan data dari buku, jurnal ilmiah, dan dokumen terkait untuk menganalisis penelitian permasalahan dalam efektivitas pengelolaan pembiayaan pendidikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan anggaran pendidikan dipengaruhi oleh perencanaan yang matang dan pengawasan yang ketat sehingga berdampak pada efisiensi anggaran pendidikan yang telah di rencanakan
Copyrights © 2025