Indonesian Community Journal
Vol 5 No 3 (2025): I-Com: Indonesian Community Journal (September 2025)

Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Melalui Integrasi Branding dan Digitalisasi

Margaretha, Lyzia (Unknown)
Alveriza, Claudia (Unknown)
Christine, Audrey (Unknown)
Adi, Kristian (Unknown)
Kempa, Sesilya (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2025

Abstract

Usaha mikro seringkali menghadapi tantangan dalam meningkatkan daya saing usahanya meskipun memiliki potensi, termasuk usaha kuliner Warung Pak Tris. Untuk mengatasi hal tersebut, program pendampingan pun dirancang mulai dari tahap identifikasi masalah hingga pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Identifikasi masalah dilakukan melalui tiga cara, yaitu observasi dan wawancara, pengumpulan data, dan SWOT analysis yang kemudian menghasilkan usulan dalam bentuk rencana pemasaran. Hasil dari kegiatan pendampingan ini menunjukkan dampak yang signifikan, yaitu optimasi branding dan infrastruktur bisnis serta digitalisasi usaha mikro. Pendampingan ini tidak hanya relevan, tetapi juga sangat penting sebagai model transformasi digital yang aplikatif, memberikan solusi nyata bagi UMKM untuk tetap kompetitif di tengah tantangan global.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

i-com

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

I-Com: Indonesian Community Journal, merupakan jurnal yang menerbitkan artikel hasil kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Raden Rahmat yang bertujuan untuk mempublikasikan berbagai hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan ...