Manajemen sumber daya manusia (MSDM) berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengelolaan efektif terhadap pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA YAPI Al-Husaeni, Kabupaten Bandung. Fokus penelitian meliputi perencanaan SDM, rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, serta sistem kompensasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan informanseperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan staf tata usaha, sertastudidokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan SDM dilakukan setiap tahun oleh pimpinan sekolah dan yayasan. Perencanaan ini mencakup penetapan ke pemimpinan struktural setiap empat tahun, penempatan walikelas, serta rekrutmen pendidik dan tenaga kependidikan sesuai kebutuhan. Rekrutmen dilakukan melalui media sosialdan jaringan internal dengan tahapan seleksi administrasi dan wawancara. Pelatihan dan pengembangan SDM dilakukan melalui In House Training (IHT), pembinaanbulanan, dan program eksternal seperti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Sistem kompensasi meliputi honorarium, tunjangan, cuti, dan reward berbasis prestasi serta rekreasi, meskipun belum menggunakan sistem penggajian digital (payroll). Rekreasi tahunan dapat meningkatkan motivasi tenaga pendidik dan kependidikan. Secara keseluruhan, implementasi manajemen SDM di SMA YAPI Al-Husaeni telah mendukung peningkatan mutu pendidikan. Namun, system evaluasi kinerja dan digitalisasi penggajian masih perlu disempurnakan untuk meningkatkan efektivitas dan transparansi
Copyrights © 2025