Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) alat dan aplikasi gambar yang dipakai anggota Komunitas Mangaka Indonesia (KMI), (2) proses berkarya komik strip digital Komunitas Mangaka Indonesia (KMI), (3) Proses publikasi komik strip digital Komunitas Mangaka Indonesia (KMI) di media sosial. Subjek dan Objek dalam penelitian ini adalah karya-karya komik strip milik anggota Komunitas Mangaka Indonesia (KMI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Dari pembahasan serta proses penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) alat yang dipakai anggota Komunitas Mangka Indonesia (KMI) adalah peragkat elektronik berupa Laptop/PC, Graphic Tablet, Graphic display, Handphone, dan stylus. Aplikasi yang dipakai adalah Clip Studio Paint. (2) Proses berkarya Komunitas Mangka Indonesia (KMI) dapat dibagi menjadi empat tahapan, mulai dari tahap persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. (3) hasil karya komik strip anggota Komunitas Mangaka Indonesia (KMI) disimpan dalam format file PNG/JPEG yang kemudian di publikasikan lewat media sosial facebook sebagai tempat interaksi utama antar anggota komunitas serta dengan publik.
Copyrights © 2025