Fenomena popcorn brain yang ditandai dengan kesulitan fokus, kecemasan, dan ketergantungan terhadap gawai akibat paparan digital berlebih menjadi salah satu tantangan serius dalam perkembangan psikologis siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis efektivitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) dalam mengatasi popcorn brain pada remaja. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap sepuluh artikel jurnal nasional dan internasional yang relevan. Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi pola intervensi dan dampak pendekatan CBT terhadap aspek kognitif, emosional, dan sosial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok berbasis CBT dapat membantu siswa mengurangi kecanduan gadget, menurunkan kecemasan digital, meningkatkan regulasi emosi, serta memperbaiki fungsi eksekutif seperti konsentrasi dan pengendalian diri. Pendekatan CBT juga berperan dalam mendorong keterlibatan sosial dan membentuk perilaku disiplin dalam penggunaan teknologi. Dengan demikian, layanan ini direkomendasikan untuk diintegrasikan ke dalam program bimbingan dan konseling di sekolah sebagai upaya preventif dan kuratif terhadap dampak negatif overstimulasi digital.
Copyrights © 2025