Haumeni Journal of Education
Vol 5 No 2 (2025): Edisi Khusus

The Effect of Using Congklak Lea Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Congklak Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Kelas II SDI Sikumana 3 Kupang

Siki, Yesmi Marsela (Unknown)
Nitte, Yulsy Marselina (Unknown)
Nahak, Roswita Lioba (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2025

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang melibatkan dua aktivitas utama yaitu mengajar yang dilakukan oleh guru, dan belajar yang melibatkan peserta didik. Dalam proses pembelajaran diperlukan media pembelajaran seperti gambar, video, alat peraga, dan permaianan tradisional, yang sangat efektif dalam membantu siswa memvisualisasikan konsep-konsep yang sulit, salah satunya dengan permainan congklak pada pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran congklak terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II UPTD SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability (sampling jenuh) dengan jumlah sampel 50 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Uji hipotesis dan uji-t. Hasil dari penelitian ini menunjukan skor rata-rata post-test kelas eksperimen dan kelas control dengan menggunakan uji-t test adalah 82,40>54,40 dengan selisih 28,00. Lebih lanjut pengujian hipotesis (Independen Sampel T-Test) menunjukan nilai sig.(2-side) 0,00<0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran congklak terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Inpres Sikumana 3.Kata Kunci: Congklak, Hasil Belajar, Matematika,Operasi Hitung Bilangan Cacah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...