Lensa Pendas
Vol 10 No 2 (2025): September

Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Model Role Playing Pada Pembelajaran Wawawancara

Rendyana, Indra (Unknown)
Dudung Suryana (Unknown)
Riga Zahara Nurani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan model role playing pada pembelajaran wawancara di kelas IV SDN Budiwangi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran telah dilaksanakan dengan sangat baik, ditunjukkan dengan nilai rata-rata perencanaan sebesar 4,00 pada siklus I dan II. Pelaksanaan pembelajaran menunjukkan peningkatan dari siklus I dengan nilai rata-rata 3,60 menjadi 4,00 pada siklus II, dengan persentase peningkatan sebesar 11,11%. Selain itu, hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara juga mengalami peningkatan yang signifikan. Pada siklus I, nilai rata-rata tes unjuk kerja sebesar 74,16 dengan ketuntasan 66,7%, meningkat pada siklus II menjadi 85,33 dengan ketuntasan 86,66%. Persentase peningkatan hasil belajar mencapai 15,06%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model role playing efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran wawancara. Oleh karena itu, disarankan agar guru dapat memanfaatkan model ini sebagai alternatif strategi pembelajaran yang menarik dan partisipatif, khususnya untuk materi yang menuntut keterampilan komunikasi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...