Lensa Pendas
Vol 10 No 2 (2025): September

ANALISIS PERBEDAAN GAYA MENULIS BERDASARKAN INTENSITAS MEMBACA SISWA KELAS V SDN BRINGIN 02

Ghumaisa, Mutiara Lutfi (Unknown)
Affan Rafi Saputra (Unknown)
Kintania Maulida Eka Putri (Unknown)
Febria Septi Prajayanti (Unknown)
Azka Nabila Athaya (Unknown)
Moh. Farizqo Irvan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan gaya menulis siswa berdasarkan intensitas membaca di kelas V SDN Bringin 02, dengan menggunakan gambar sebagai stimulus dalam kegiatan menulis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui triangulasi metode, yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas tiga orang siswa kelas V yang dipilih berdasarkan tingkat intensitas membaca mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan intensitas membaca yang tinggi mampu menghasilkan tulisan yang lebih runtut, ekspresif, serta kaya kosakata. Sebaliknya, siswa dengan kebiasaan membaca yang rendah menunjukkan keterbatasan dalam struktur kalimat dan pengembangan ide. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan budaya literasi dalam pembelajaran menulis di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...