Lensa Pendas
Vol 10 No 2 (2025): September

Belajar Budaya Sambil Bermain E-Ragam Budi Guna Meningkatkan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar

Selly Nirmalasari (Unknown)
Arif Febrianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis digital yang bernama E-Ragam Budi (E-Ludo Keberagaman Budaya di Indonesia) untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada siswa kelas IV B MI Maulana Maghribi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Maulana Maghribi pada bulan Juni 2025. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 17 siswa kelas IV B. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar validasi ahli materi dan media, serta lembar observasi awal dan lembar observasi akhir kemampuan berkomunikasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan keefektifan penggunaan media terhadap kemampuan berkomunikasi siswa diperoleh dari rata-rata nilai persentase observasi awal sebesar 61,29% sedangkan observasi akhir sebesar 90,17%. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Rata-rata perolehan N-Gain sebesar 0,7 yang masuk dalam kategori sedang yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berkomunikasi siswa. Dengan demikian media E-Ragam Budi dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...