Tarunaedu
Vol. 3 No. 2 (2025): September

Perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Peningkatkan Partisipasi Kerja Guru (Study Kasus Di MTs As’adiyah Kraton Pasuruan)

Qomariah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2025

Abstract

Abstract To foster a sense of concern in increasing the participation level of teachers in various aspects of madrasah life, good and professional performance is required from teachers. The main problem in this study is teacher performance in madrasah institutions, viewed from their participation in all aspects, especially in sustaining madrasah activities as a whole. The research questions were: (1) How is the leadership of the madrasah head in improving teachers’ work participation? (2) What strategies are used by the madrasah head to increase teachers’ work participation? (3) How do teachers respond to the leadership of the madrasah head in improving work participation? (4) What model of madrasah head is needed to enhance teachers’ work participation?. Abstrak Untuk menumbuhkan rasa kepedulian dalam meningkatkan peran serta atau tingkat partisipasi seorang guru dalam berbagai aspek kehidupan madrasah, maka diperlukan kinerja yang baik dan professional pada diri seorang guru. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kinerja guru pada lembaga madrasah ditinjau dari pransertanya dalam segala aspek, khususnya pada tingkat partisipasi guru dalam keberlangsungan kegiatan madrasah secara menyeluruh.Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimanakah kepemimpinan kepala Madrasah dalam peningkatan partisipasi kerja guru? (2) Bagaimanakah strategi kepala Madrasah dalam meningkatkan partisipasi kerja guru? (3) Bagaimanakah tanggapan guru-guru tentang kepemimpinan kepala Madrasah dalam meningkatkan partisipasi kerja? (4) Bagaimanakah model kepala Madrasah yang dibutuhkan dalam meningkatkan partisipasi kerja guru. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan, Kepemimpinan kepala madrasah MTs As’adiyah Kramat Kraton Pasuruan menggunakan lima gaya kepemimpinan, dalam mempengaruhi bawahan menggunakan gaya kepemimpinan partisipatif dan demokratis, dalam menggerakkan atau mengarahkan bawahan menggunakan gaya kepemimpinan militeristik, kharismatik dan demokratis dan dalam mendorong (memotivasi) bawahan menggunakan gaya kepemimpinan delegatif dan partisipatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jel

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Scope of this journal are Islamic Education, Curriculum and teaching methodology, Contemporary issues in education and learning, Development in education and learning, Technology in Education, Education and learning research, Educational psychology, Innovations in education and learning, Management ...