PESHUM
Vol. 4 No. 6: Oktober 2025

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Keragaman Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Apotek Naga Jaya Tanah Abang Jakarta Pusat

Naufal Alifudin Saputra (Unknown)
Nurmin Arianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan keragaman produk terhadap kepuasan konsumen pada Apotek Naga Jaya di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan konsumen Apotek Naga Jaya. Metode analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung sebesar 4,187 > ttabel 1,984 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Keragaman produk juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan thitung sebesar 3,452 > ttabel 1,984 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Secara simultan, kualitas pelayanan dan keragaman produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai Fhitung sebesar 33,618 > Ftabel 3,09 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,406 yang berarti bahwa 40,6% variasi kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan keragaman produk, sedangkan sisanya 59,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...