Penelitian ini merupakan studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Quizizz dalam meningkatkan proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Tista. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila yang cenderung bersifat teoritis dan kurang interaktif. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi seperti Quizizz diharapkan dapat menjadi alternatif yang efektif dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Tista. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz memberikan dampak positif terhadap pembelajaran Pendidikan Pancasila. Siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, Quizizz juga membantu guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran secara cepat dan efisien. Dengan demikian, Quizizz dapat menjadi media pembelajaran interaktif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar.
Copyrights © 2025