PESHUM
Vol. 4 No. 5: Agustus 2025

Penggunaan Quizizz Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Pancasila Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Tista

Parwika, Luh Putu (Unknown)
Made Sutrisna Maha Terianita (Unknown)
Sawitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Quizizz dalam meningkatkan proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Tista. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila yang cenderung bersifat teoritis dan kurang interaktif. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi seperti Quizizz diharapkan dapat menjadi alternatif yang efektif dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Tista. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz memberikan dampak positif terhadap pembelajaran Pendidikan Pancasila. Siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, Quizizz juga membantu guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran secara cepat dan efisien. Dengan demikian, Quizizz dapat menjadi media pembelajaran interaktif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...