Kualitas pembelajaran di satuan pendidikan merupakan gambaran tingkat kualitas kesesuaian antara penyelenggaraan satuan pendidikan dengan Standar Nasional Pendidikan khususnya pada pendidikan dasar. Dalam implementasi Kurikulum di SDN 28 Cakranegara perlu di perkaya dengan mengembangkan keterampilan berpikir tinggi seperti Computational Thinking. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk mengembangkan pemahaman tenaga pendidik secara komprehensif terkait dengan Pengembangan Computational Thinking di SDN 28 Cakranegara. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dalam bentuk pelatihan atau workshop yang lebih berbasis pada praktek langsung menyusun instrumen evaluasi kemampuan computational thinking untuk memenuhi tagihan mutu. Hasil pengabdian menunjukan bahwa skor nilai hasil kemampuan computational thinking masih rendah dengan denhgan rata rata nilai 66 dengan skor terendah 20 dan tertinggi 90. Hak tersebeut bisa diartikan bahwa belum mencapai ketuntasan minimal sehingga peserta memerlukan bimbingan dan arahan lebih lanjut untuk bisa mengembangkan kemampuan peserta lebih maksimal lagi samai mencapai ketuntasan yang maksimal. Pengembangan kemampuan computational thinking tenaga pendidik perlu diperkaya dengan hal yang bersifat mentoring secara bertahap sampai semua tenaga pendidik bisa menyusun instrumen computational thinking.
Copyrights © 2025