Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, And Mathematics) dalam kurikulum biologi serta mengevaluasi manfaatnya terhadap motivasi belajar siswa. Pembelajaran biologi sering kali dianggap abstrak dan sulit dipahami oleh siswa, sehingga dibutuhkan pendekatan inovatif yang mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mereka. Integrasi STEAM diyakini dapat menjembatani teori dan praktik melalui pendekatan multidisipliner yang relevan dengan dunia nyata. Melalui kajian literatur dari berbagai jurnal, buku, dan artikel ilmiah, penelitian ini mengidentifikasi bahwa penerapan STEAM dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan motivasi intrinsik siswa, mendorong kreativitas, serta memperkuat keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif. Selain itu, model pembelajaran berbasis proyek, eksperimen teknologi, visualisasi artistik, dan analisis matematis dalam konteks biologi membuat proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna. Artikel ini juga menyajikan studi kasus dan tantangan yang dihadapi dalam implementasinya serta rekomendasi strategis untuk pendidik dan pembuat kebijakan agar integrasi STEAM dapat terlaksana secara optimal di berbagai jenjang pendidikan.
Copyrights © 2025