JIPB (Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi)
Vol 6 No 2 (2025)

Pembelajaran Kurikulum Merdeka Melalui Proyek Inaturalist dan Insect Pinning pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Memfasilitasi Rasa Ingin Tahu dan Keterampilan Kolaborasi Siswa

Chaidir, Diki Muhamad (Unknown)
Rezeqi, Salwa (Unknown)
Ibrohim, Ibrohim (Unknown)
Susilo, Herawati (Unknown)
Mulya Nugraha, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Informasi keanekaragaman hayati bermanfaat bagi siswa dengan meningkatkan rasa ingin tahu tentang lingkungan mereka dan mendorong pembelajaran yang mandiri dan komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis proyek melalui iNaturalist dan Insect Pinning terhadap hubungan rasa ingin tahu siswa dan keterampilan kolaborasi pada siswa SMA materi pelajaran keanekaragaman hayati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Penelitian ini dilakukan di kelas X siswa SMA Negeri 1 Cigalontang Kab. Tasikmalaya sejumlah 32 Siswa pada tahun ajaran 2023/2024. Materi yang digunakan adalah keanekaragaman hayati yang dikaitkan dengan proyek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah tersebut. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, serta kategorisasi menggunakan statistik empirik dan uji korelasi spearman antara rasa ingin tahu siswa terhadap keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukan indikator embracing (2,83) paling tinggi pada rasa ingin tahu siswa dan indikator menunjukan sikap saling menghargai (83,38) pada keterampilan kolaboratif siswa. Berdasarkan analisis uji korelasi dan regresi yang digunakan, menunjukan terdapat korelasi antara rasa ingin tahu siswa dengan keterampilan kolaborasi dengan persamaan korelasi antar dua variabel Y=246,43 + 4,95X, memiliki nilai reliabilitas 83% dengan kategori sangat tinggi. Kesimpulan penelitian ini menunjukan terdapat hubungan antara rasa ingin tahu dan keterampilan kolaborasi siswa pada materi keanekaragaman hayati dengan menggunakan proyek inaturalist dan insect pinning. Pembelajaran biologi yang mengajarkan potensi lokal yang ada di sekitar dengan integrasi penggunaan teknologi dan hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa, akan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar. Jurnal pendidikan biologi memuat artikel ilmiah dengan topik: 1. Inovasi pembelajaran Biologi 2. Pengembangan Perangkat Pembelajaran ...