Dalam era persaingan akademik yang ketat, mahasiswa dihadapkan pada berbagai tanggung jawab yang sering kali sulit dikelola akibat manajemen waktu yang kurang efektif. Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) yang ada belum mampu membantu mahasiswa secara optimal dalam mengatur waktu dan memenuhi tenggat tugas karena keterbatasan fitur dalam mendeteksi keterlambatan sejak dini maupun melakukan pemantauan kinerja secara berkelanjutan. Penelitian ini tidak mengusulkan pengembangan sistem manajemen tugas otomatis, melainkan berfokus pada pengukuran persepsi mahasiswa terhadap kebutuhan akan task management system. Studi pendahuluan dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi mahasiswa dalam pengelolaan tugas serta dampaknya terhadap kinerja akademik. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 137 mahasiswa program sarjana yang terdaftar pada Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Riau. Para peserta mewakili berbagai tingkat akademik, mulai dari semester dua hingga semester delapan, sehingga mencerminkan pengalaman yang beragam dalam mengelola tugas-tugas akademik.. Hasil studi menunjukkan sebagian besar responden merasa perlu meningkatkan keterampilan manajemen waktu (µ=4,32) dan menyatakan ketertarikan terhadap adanya sistem pendukung pengelolaan tugas akademik (µ=3,42). Temuan ini menegaskan bahwa mahasiswa memiliki kebutuhan yang cukup tinggi terhadap aplikasi berbasis internet yang dapat membantu memantau serta mendukung manajemen tugas secara berkesinambungan
Copyrights © 2025