Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA)
Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA)

Model Peningkatan Kinerja UMKM melalui Inovasi Digital Marketing pada UMKM Kuliner di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat

Rahmi, Palupi Permata (Unknown)
Hendar, Hendar (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini mengungkap kontribusi utama berupa peran mediasi inovasi digital marketing dalam memperkuat pengaruh orientasi pelanggan dan orientasi pesaing terhadap kinerja UMKM kuliner di Kota Bandung. Dengan menggunakan explanatory research dan PLS-SEM pada 100 pelaku UMKM Kuliner. Hasil temuan menunjukkan bahwa orientasi pelanggan dan orientasi pesaing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM kuliner di Kota Bandung. Inovasi digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja UMKM. Orientasi pelanggan dan orientasi pesaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi digital marketing. Inovasi digital marketing berperan sebagai mediasi yang memperkuat pengaruh antara orientasi pelanggan dan orientasi pesaing terhadap kinerja UMKM. Secara praktis, hasil ini mendorong pelaku UMKM untuk secara sistematis meningkatkan pemahaman kebutuhan pelanggan dan pemantauan pesaing, serta mempercepat adopsi solusi digital dalam promosi dan layanan. Bagi pemerintah daerah dan lembaga pendamping, penelitian ini merekomendasikan penyelenggaraan pelatihan digital marketing yang terintegrasi dengan market intelligence untuk memperkuat daya saing dan pertumbuhan UMKM kuliner.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMW

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Fokus Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA) mencakup secara rinci berbagai macam topik penelitian empiris dalam bidang ekonomi manajemen. Jurnal ini menyediakan forum untuk pertukaran ilmiah untuk akademisi, praktisi, dan peneliti independen dengan menerbitkan penelitian empiris yang berkualitas. Skope ...