Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis web pada mata pelajaran kimia kelas XII di SMA Negeri 6 Padang semester genap TA 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan penelitian (R&D). Subjek penelitian berjumlah 30 orang. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan (ADDIE) dengan langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation dan (5) evaluate. Modul berbasis web dilakukan dengan uji validitas oleh para ahli. Secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap tiga validator pada modul berbasis web diperoleh nilai sebesar 98%, dengan interpretasi sangat valid digunakan. Hasil uji praktikalitas oleh guru dan siswa diperoleh nilai sebesar 87,64% dengan interpretasi sangat praktis digunakan. Hasil uji efektivitas e-modul diperoleh nilai sebesar 88,40% dengan interpretasi sangat efektif digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan para ahli dan pengguna e-modul berbasis web pada pembelajaran kimia yang sudah teruji sangat valid, sangat praktikalis, dan sangat efektif untuk digunakan pada pembelajaran kelas XII di SMAN 6 Padang.
Copyrights © 2025