Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains
Vol. 9 No. 2 (2025): Volume IX Edisi II ( Juli-Desember In-Press)

Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Kimia Berbasis Web Kelas XII Di SMAN 6 Padang TA 2024/2025

Ayu Ningsih Saputri (Unknown)
Indra Wijaya (Unknown)
Rini Sefriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis web pada mata pelajaran kimia kelas XII di SMA Negeri 6 Padang semester genap TA 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan penelitian (R&D). Subjek penelitian berjumlah 30 orang. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan (ADDIE) dengan langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation dan (5) evaluate. Modul berbasis web dilakukan dengan uji validitas oleh para ahli. Secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap tiga validator pada modul berbasis web diperoleh nilai sebesar 98%, dengan interpretasi sangat valid digunakan. Hasil uji praktikalitas oleh guru dan siswa diperoleh nilai sebesar 87,64% dengan interpretasi sangat praktis digunakan. Hasil uji efektivitas e-modul diperoleh nilai sebesar 88,40% dengan interpretasi sangat efektif digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan para ahli dan pengguna e-modul berbasis web pada pembelajaran kimia yang sudah teruji sangat valid, sangat praktikalis, dan sangat efektif untuk digunakan pada pembelajaran kelas XII di SMAN 6 Padang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

TBQ

Publisher

Subject

Education Other

Description

Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains adalah Jurnal yang di kelolah oleh Sekolah TInggi Ilmu Tarbiah Al Bukhary Labuhanbatu menawarkan forum interdisipliner untuk publikasi artikel penelitian asli yang ditinjau oleh rekan sejawat, berkontribusi, dan diundang dengan kualitas terbaik ...