Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar, respon, dan penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) dengan menggunakan media papan jawaban dalam menulis teks eksposisi sesuai dengan struktur, kaidah kebahasaan dan isi teks eksposisi. Penelitian ini menggunakan kuantitatif berbasis eksperimen quasi berupa bentuk pretest-posttest control group design, penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen X-02 dan kelas kontrol X-04. Berdasarkan nilai rata-rata kelas eksperimen memperoleh tes awal (pretest) sebesar 51 dan tes akhir (posttest) sebesar 78. Namun, jika dilihat hasil dari uji Independet Samples Test menunjukkan hasil dari kedua sampel lebih dari 0,05, sehingga hasil dari uji Independet Samples Test menunjukkan bahwa hipotesis HO diterima. Hipotesis tersebut memiliki deskripsi yaitu media pembelajaran papan jawaban tidak dapat meningkatkan interaktivitas peserta didik dalam penggunaan media dalam pengalaman belajar pada tes awal kelas eksperimen. Selanjutnya dilakuan uji Mann-Whitney, hasil dari uji Mann-Whitney menunjukkan hasil dari kedua sampel kurang dari 0,05 yaitu 0,000, sehingga hasil dari uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima. Hipotesis tersebut memiliki deskripsi yaitu media pembelajaran papan jawaban eksposisi dapat berpengaruh dalam menulis teks eksposisi dengan baik dan benar [ada tes akhir.
Copyrights © 2025