PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2025): EDISI OKTOBER, 2025

PENGARUH GAYA KOGNITIF TEHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SISWA SMP

Sogen, Teodora Basi Ina (Unknown)
Luon, Maria Adriani Pulo (Unknown)
Kabu, Desky Ronaldy (Unknown)
Jagom, Yohanes Ovaritus (Unknown)
Nai, Yustinus Didimus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP, khususnya pada materi aritmatika. Pokok masalah penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika meskipun telah memahami rumus, yang diduga berkaitan dengan perbedaan gaya kognitif individu. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling, yaitu memilih 18 siswa kelasVII B di SMP Negeri 4 Taebenu, Kabupaten Kupang sebagai sampel utama. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya kognitif dan tes pemecahan masalah matematika. Hasil uji korelasi spearman menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara gaya kognitif dan kemampuan pemecahan masalah, dengan koefisien korelasi sebesar 0,536 dan nilaisignifikansi 0,022. Temuan ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif yang lebih mandiri dan analitis cenderung memilih kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mempertimbangkan gaya kognitif siswa dalam merancang pembelajaran matematika yang efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...