Permasalahan yang dihadapi oleh para guru adalah kurangnya keterampilan dalam penggunaan teknologi informasi, khususnya dalam hal pencatatan kegiatan pembelajaran secara sistematis dan digital. Tujuan kegiatan pengabdian adalah memberikan pelatihan dan implementasi aplikasi jurnal mengajar guru berbasis web sebagai solusi pengelolaan administrasi dan evaluasi kinerja guru yang disimpan pada database yang dapat diakses setiap saat. Hal ini meningkatkan kompetensi guru-guru di SD Negeri Emereuw Jayapura dalam mengelola dan mendokumentasikan proses pembelajaran berbasis web. Pelatihan dilaksanakan dengan metode ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung, yang diikuti oleh guru kelas dan guru mata pelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan guru dalam mengakses, mengisi, dan memanfaatkan aplikasi jurnal mengajar guru berbasis web sebagai alat bantu evaluasi pembelajaran. Respon peserta terhadap pelatihan sangat positif, dengan mayoritas menyatakan bahwa aplikasi ini membantu meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas dalam pelaporan kegiatan mengajar dan administrasi pendidikan sekolah dasar di wilayah Papua. Aplikasi jurnal mengajar guru berbasis Web, memiliki kualitas sangat baik dan layak diterapkan, dengan rata-rata hasil penilaian keseluruhan tiap aspek adalah 95,45%.
Copyrights © 2025