Pemilihan media pembelajaran yang tepat tentunya bermanfaat untuk keberhasilan pembelajaran, hal ini tentunya dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa dengan baik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan membuat media pembelajaran dengn menggunakan aplikasi Tinker-cad kepada guru-guru di SMP Muhammadiyah 4 jakarta Timur. Diharapkan dengan pelatihan ini guru-guru mampu membuat satu materi pembelajarn yang diharapkan akan meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa menjadi tertarik akan isi materi yang disajikan. Pembuatan media pembelajaran yang menarik berupa gambar teknik dasar pada beberapa mata pelajaran di sekolah. Media pembelajaran yang dibuat ini dengan mengkombinasikan beberapa obyek multimedia, yaitu teks, gambar, animasi, audio, video, dan tombol interaktif, selain itu juga untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran ini. Adapun metode yang digunakan untuk meningkatkan semangat dan kreatifitas peserta didik yaitu ceramah dan kemudian praktek kepadaguru-guru. Hasil terakhir saat diadakan evaluasi penguasaan materi pelatihan Tinker-cad menunjukkan bahwa guru-guru sudah mampu membuat sendiri materi pembelajaran dengan pengambaran menggunakan aplikasi 3 dimensi Tinkercad dan mereka siap memberikan materi pembelajaran kepada siswa dengan gaya tampilan yang lebih memacusikap psiomotorik siswa sehingga mampu memahami materi pembelajaran dengan baik.
Copyrights © 2025