Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 8 No. 3 (2025): September - Desember 2025

Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Add-In Classpoint pada Materi Rekonsiliasi Bank Kelas XI AKL SMKN 1 Surabaya

Amelia, Ika Wahyu (Unknown)
Arif, Amirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2025

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan dalam pembelajaran yang bertujuan untuk menyampaikan materi sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi dalam pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif yang sudah terintegrasi teknologi dapat membantu memahami materi dan mengurangi rasa bosan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran powerpoint interaktif add-in classpoint, menganalisis kelayakan media pembelajaran powerpoint interaktif add-in classpoint, menganalisis respon peserta didik, dan efektivitas penggunaan media pembelajaran powerpoint interaktif add-in classpoint pada materi rekonsiliasi bank kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK. Peneliti menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dikembangkan oleh Branch. Subjek uji coba media pembelajaran powerpoint interaktif add-in classpoint adalah peserta didik kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surabaya. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah kuisioner (angket) yang terdiri dari lembar telaah para ahli, lembar validari para ahli, dan lembar angket respon peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini melibatkan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran powerpoint interaktif add-in classpoint memperoleh penilaian dari ahli materi mencapai 87%, penilaian dari ahli media mencapai 95% dengan kategori “Sangat Layak”, penilaian dari ahli bahasa mencapai 96% dengan kategori “Sangat Layak”, dan respon peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran mencapai 96% dengan kriteria “Sangat Memahami”.  Uji efektivitas menggunakan uji N-Gain dengan memperoleh nilai 0,63 dan presentase sebesar 63% dengan kategori “Sedang”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...