Urgensinya dari penelitian ini adalah kebutuhan akan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan berbicara (maharah al-kalam) dalam pembelajaran bahasa Arab pada tingkat menengah pertama. Pembelajaran bahasa Arab sering menghadapi tantangan rendahnya partisipasi aktif siswa dan keterbatasan media yang mampu memfasilitasi interaksi verbal secara menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Board Game berbasis Who Is It pada materi peralatan dan tempat sekolah untuk siswa kelas VII MTsN 2 Kolaka Utara. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan mencakup lembar validasi ahli materi dan media, angket kepraktisan guru dan siswa, serta tes hasil belajar, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan tes, dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan kelayakan sangat tinggi dengan persentase 90% dari ahli materi dan 90% dari ahli media. Uji kepraktisan memperoleh skor 92% dari guru dan 90% dari siswa, menandakan media mudah digunakan dan disukai. Uji efektivitas memperlihatkan peningkatan nilai rata-rata dari 646,3 pada pretest menjadi 1.093,1 pada posttest, dengan tingkat efektivitas 80,69% pada kategori efektif. Media Board Game ini terbukti meningkatkan partisipasi aktif, kepercayaan diri berbicara, serta penguasaan kosakata dan struktur kalimat siswa, sehingga memberikan kontribusi signifikan dalam pembelajaran bahasa Arab yang lebih menyenangkan dan interaktif.
Copyrights © 2025