Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol. 1 No. 3 (2025): JULI-SEPTEMBER

Gaya Komunikasi Tenaga Pendidik Generasi Z pada Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi Kasus di Lingkungan IGRA Cabang Tangerang, Kota Tangerang)

Urfah Atut Chosiyah (Unknown)
Alamsyah, Alamsyah (Unknown)
Mochammad Mirza (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2025

Abstract

Guru generasi Z dikenal dekat dengan teknologi, kreatif, dan interaktif, sehingga gaya komunikasi mereka cenderung terbuka, santai, dan mudah diterima anak. Penelitian ini mendeskripsikan gaya komunikasi guru Gen Z serta tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran anak usia dini di IGRA Cabang Kota Tangerang dengan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan guru Gen Z menggunakan komunikasi asertif, pendekatan personal, serta media interaktif seperti lagu, cerita, dan video. Mereka juga memanfaatkan teknologi untuk mendukung pembelajaran. Tantangan yang dihadapi meliputi perbedaan karakter anak, latar belakang sosial, serta faktor internal guru seperti emosi dan pengalaman mengajar. Analisis dengan teori interaksi simbolik menunjukkan guru Gen Z menyesuaikan diri dan membangun hubungan sosial dalam proses belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jisoh

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang diterbitkan oleh Indo Publishing menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah dari Dosen, Peneliti, Praktisi dan Mahasiswa dengan fokus dan ruang lingkup terdiri dari; ILMU SOSIAL (Sosiologi, Antropologi, Ilmu ekonomi, Sejarah, Ilmu politik, Ilmu ...