Halal tourism menjadi tren global seiring meningkatnya wisatawan muslim dan kebutuhan layanan sesuai prinsip syariah. Indonesia menempati peringkat pertama destinasi dengan skor peningkatan halal tourism tertinggi dunia, menunjukkan potensi besar pengembangan destinasi seperti Kurma Park. Penelitian bertujuan mengetahui strategi komunikasi pemasaran terpadu (IMC) Kurma Park dalam meningkatkan kunjungan wisatawan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui dokumentasi, wawancara. Hasil menunjukkan penerapan elemen IMC variatif dan konsisten meliputi advertising, personal selling, sales promotion, direct marketing, digital marketing, dan public relations. Strategi ini berhasil mempengaruhi aspek kognitif, afektif, dan konatif wisatawan berdasarkan model Hierarchy of effects. Penelitian menekankan pentingnya strategi IMC berprinsip halal dalam meningkatkan daya saing industri pariwisata muslim melalui dimensi etis, imersif, digital, dan jaminan syariah yang memastikan efektivitas pemasaran sekaligus kesesuaian nilai Islam.
Copyrights © 2025