Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol. 1 No. 3 (2025): JULI-SEPTEMBER

Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan pada Destinasi Halal Tourism Kurma Park

Nikmatul Khasanah (Unknown)
M. Rifa’i (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2025

Abstract

Halal tourism menjadi tren global seiring meningkatnya wisatawan muslim dan kebutuhan layanan sesuai prinsip syariah. Indonesia menempati peringkat pertama destinasi dengan skor peningkatan halal tourism tertinggi dunia, menunjukkan potensi besar pengembangan destinasi seperti Kurma Park. Penelitian bertujuan mengetahui strategi komunikasi pemasaran terpadu (IMC) Kurma Park dalam meningkatkan kunjungan wisatawan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui dokumentasi, wawancara. Hasil menunjukkan penerapan elemen IMC variatif dan konsisten meliputi advertising, personal selling, sales promotion, direct marketing, digital marketing, dan public relations. Strategi ini berhasil mempengaruhi aspek kognitif, afektif, dan konatif wisatawan berdasarkan model Hierarchy of effects. Penelitian menekankan pentingnya strategi IMC berprinsip halal dalam meningkatkan daya saing industri pariwisata muslim melalui dimensi etis, imersif, digital, dan jaminan syariah yang memastikan efektivitas pemasaran sekaligus kesesuaian nilai Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jisoh

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang diterbitkan oleh Indo Publishing menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah dari Dosen, Peneliti, Praktisi dan Mahasiswa dengan fokus dan ruang lingkup terdiri dari; ILMU SOSIAL (Sosiologi, Antropologi, Ilmu ekonomi, Sejarah, Ilmu politik, Ilmu ...