Vox Populi
Vol 8 No 2 (2025): VOX POPULI

Pengaruh Political Branding dalam Kampanye Politik di Media Sosial X Terhadap Preferensi Pemilih Pemula: Studi Kasus Partai Gerindra dan PSI

Putri, Malika Zakia (Unknown)
Addiansyah, M. Nur Rofiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2025

Abstract

Tulisan ini membahas pengaruh teknik political branding dalam kampanye politik di media sosial X terhadap preferensi pemilih pemula, dengan fokus pada partai Gerindra dan PSI. Media sosial sekarang ini berkembang dengan pesatnya, sehingga sangat memungkinkan jika partai politik menaruh minat pada media sosial. Partai politik saling berkompetisi untuk menciptakan branding politiknya di media sosial untuk mendapat atensi publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisa data berupa deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, seperti penelitian-penelitian serupa berupa jurnal, artikel, maupun beritaonline guna menunjang penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: Pertama, X menjadi salah satu media yang dipilih oleh para aktor politik dengan alasan karena media ini terjadi praktik komunikasi massa, yang memungkinakan penggunanya untuk mengekspresikan dirinya. Kedua, dari political branding yang dibentuk oleh kedua partai tersebut (Gerindra dan PSI) memiliki pola yang cukup sama, yakni sama-sama memilih anak muda sebagai targeted advertisingnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

voxpopuli

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Vox Populi (VP) merupakan jurnal berkala yang terbit dua kali setahun (Juni dan Desember) oleh Program Studi Ilmu Politik, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN) Makassar, Indonesia. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan penelitian akademis asli yang topik ...