Jurnal Impresi Indonesia
Vol. 4 No. 9 (2025): Indonesian Impression Journal (JII)

Pengaruh Pelatihan Pendidik Proaktif terhadap Resiliensi pada Guru SD

Mayang Tati, Aprilia (Unknown)
Hidayat, Muhammad (Unknown)
Kinayung, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan "Pendidik Proaktif" terhadap peningkatan resiliensi pada guru sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 11 guru di SD Unggulan Muhammadiyah Lemahdadi. Data dikumpulkan menggunakan skala resiliensi psikologis berdasarkan tujuh aspek dari Reivich dan Shatte (2002) dengan perolehan skor koefisien reliabilitas sebesar ?=0,956 dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor resiliensi dan pengetahuan peserta setelah mengikuti pelatihan, dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,005 dan 0,003 (p<0,05). Modul pelatihan juga divalidasi dengan nilai Aiken’s V rata-rata sebesar 0,952, yang menunjukkan validitas isi yang tinggi. Dengan demikian, pelatihan "Pendidik Proaktif" efektif dalam meningkatkan resiliensi guru sekolah dasar, khususnya dalam mengelola tekanan dan tantangan di lingkungan kerja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The Jurnal Impresi Indonesia provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. The journal publishes research articles covering all aspects of social sciences, ranging from management, economics, ...